Sabtu, 30 November 2013

BISNIS "ONLINE SHOP"

I. PENDAHULUAN

            Tentunya internet dan online sudah bukan merupakan suatu istilah asing di jaman sekarang ini, bahkan untuk generasi tua sekarang. Hampir semua event-event dan promosi iklan dilakukan melalui media internet. Keberhasilan media internet dalam bidang promosi patut diacungi jempol. Segala hal mulai dari sekedar chatting, grup forum, berita dan gosip, bahkan transaksi jual beli bisa dilakukan melalui internet.
            Online Shopping merupakan salah satu kemudahan dalam gaya hidup masyarakat modern yang bisa dicapai melalui internet. Online Shopping menjadi salah satu bukti berkembangnya teknologi jaringan komunikasi khususnya internet di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir
ini. Promosi yang gencar dari berbagai Online Shop yang menawarkan banyak sekali jenis barang untuk diperjualbelikan. Barang-barang tersebut berupa buku dan majalah, CD dan DVD, baju dan kosmetik, gadget, dan lainnya.Salah satu situs online shop yang paling dikenal berupa e-bay, Amazone, YesAsia, dan sebagainya. Di Indonesia sendiri, situs-situs onlineshop yang terkenal berupa forum Kaskus, Bhinneka, GlodokShop, Bursa Baju dan lainnya.

            Online shopping sangat memberikan kemudahan dalam berbelanja, mulai dari pilihan barang yang unik dan langka, jenis barang yang sangat banyak, hingga sampai jangkauan harga yang cukup luas.Selain itu, kemudahan yang paling utama adalah jarak tempuh dan waktu yang diperlukan.Melihat maraknya online shopping yang sekarang makin menjamurdi Indonesia, perlu diperhatikan juga bahwa tidak hanya kemudahan yang ditawarkan dari online shopping. Tentunya setiap hal mempunyai dua sisi yang saling berdampingan yang perlu diketahui sehingga tidak membawa dampak buruk pada pelaksanaannya di kemudian hari.



II. ISI

A. BISNIS ONLINE SHOP DALAM SWOT

a. Strenghts ( kekuatan ) : Pasar Luas, Buka 24 jam, Karyawan Sedikit,Tidak Perlu Stok,Berjalan Otomatis, Biaya Promosi Kecil, Dapat Dilakukan Oleh Siapapun, . Biaya Sangat Murah, Bisa dijalankan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, Skill yang diperlukansepenuhnya bisa dipelajaritidak masalah apapun latar belakang anda,Potensi penghasilan sangat besar,kita bisa dibayar dalam dollar, Membuka lapangan pekerjaan.

b. Weaknesses ( kelemahan ) : Ukuran/ Size yang tak sama ( for clothing),Keinginan Untuk Memegang & Mencoba produk (minim untuk dapat menggunakan panca indera), Resistensi Membeli Secara Online ( biasanya bagi orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online), Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet (Muda), Sistem Pembayaran yang masih seidikit rumit

c. Opportunities (peluang) : Bisnis online ini memiliki peluang yang sangat bagus.karena bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja dimana saja dan kapan saja.Apalagi bagi orang-orang yang tidak ingin banyak meniggalkan keluarganya hanya untuk bekerja diluar rumah.

d. Threats (ancaman) : Berbagai bisnis apapun pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi kedepannya termasuk bisnis online ini.Ancaman berbisnis online antara lain datang dari orang-orang yang hanya iseng,jasa pengiriman,dalam soal pembayaran dan lain-lain



B. MEMULAI BISNIS ONLINE
1.      ASPEK KEUANGAN
a.    Modal
Untuk memulai bisnis online tidak perlu modal yang banyak karena kita tidak harus menyetok barang di rumah .Misalnya hanya bermodalkan uang Rp 500.000,- kita sudah bisa memulai untuk berbisnis online .
Dengan cara kita menginvestasikan uang tsb kepada supplier kita.
b.   Alat untuk mulai berbinis
Alat yang digunakan untuk memulai berbisnis online biasanya memakai smartphone (Blackberry) karena sekarang ini kebanyakan orang memakai 

smartphone. Akan tetapi jika kita tidak menggunakan smartphone kita 

bisa menggunakan media online seperti BBM, Facebook,Twitter atau membuat blog.
c.    Rekening Bank
Kita harus memiliki rekening Bank karena untuk mempemudah urusan pembayaran. Para konsumen yang berada di luar kota bisa langsung mentransfer ke rekening kita .

2.      BARANG YANG DIPERJUAL BELIKAN
a.   Pakaian
b.   Tas
c.    Sepatu
d.   Aksesoris seperti jam, kalung, gelang, anting, dll
e.    Hijab / Kerudung



3.      MENCARI SUPPLIER (PEMASOK BARANG )
Gunakan media internet untuk mencari supplier yang bisa kita ajak bekerjasama . Atau kita juga bisa langsung mendatangai pusat grosir terdekat yang ada di kota anda yang bisa di ajak kerjasama untuk kita pasarkan melalui online.

4.      CARA PEMASARAN  DAN PROMO
Mengunakan media online sebagai sarana promosi yang dapat membantu dalam memasarkan produk. Misalnya dengan membuat grup di dalam smartphone(BB) dan  meng-upload foto-foto barang dagangan ke dalamnya dengan diberi keterangan yang jelas.Bisa juga membuat fanpage di dalam facebook dan meng-upload barang yang akan di jual belikan kedalam fanpage tersebut atau bisa juga ke twitter.

5.      CARA PEMESANAN
a. Setelah kita mengupload/mengunggah foto-foto barangn dagangan  ke dalam group atau fanpage,para konsumen bisa memesan dengan cara memberikan koment di dalam foto tersebut.
b.   Memilih warna dan ukuran barang yang akan di beli
c.    Setelah kedua belah pihak setuju biasanya kita sebagi reseller memberikan no rekening kita , untuk mentransfer sejumlah uang yang telah didisepakati tadi
d.   Konsumen memberikan bukti transfer dengan cara memfoto bukti transfer tsb
e.    Konsumen memberikan alamat yang jelas
f.     Kita langsung mengirimkan barang yang dipilih konsumen tadi

6.      PENGAMBILAN KEUNTUNGAN
Untuk pengambilan keuntungan tidak perlu telalu banyak karena biasanya para konsumen lebih memilih barang-barang yang di perjual belikan dengan harga yang lebih murah, selain itu biaya pengiriman biasanya sudah di tanggung oleh konsumen itu sendiri .

7.      SASARAN
Untuk memperlancar bisnis online kita bisa membidik sasaran :
a.   Para mahasiswa
b.   Pekerja kantoran
c.   Para pelajar
d.   Masyarakat umum

8.      KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN BERBISNIS ONLINE
                          KEUNTUNGAN
- Berbisnis online tidak harus memiliki barang sendiri

- Tidak perlu mempunyai modal banyak
- Bisnis online banyak jenisnya
- Bisnis bisa dijalankan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.
- Jangkauan penjualan lebih luas
- Jam kerja tidak terikat
- Tidak memerlukan kantor khusus
- Bisa membuka beberapa bisnis sekaligus
- Tidak ada Bos. Bisnis online tidak perlu atasan atau bos.
- Tidak terikat waktu dan tempat
      
                         KELEMAHAN
- Biaya pengiriman antar pulau yang mahal dan kadang-kadang berubah.
- Rumitnya sistem pembayaran
- Pasar Seluruh Dunia tapi terbatas pada pengguna Internet
- Beberapa jasa pengiriman tidak melayani pengiriman ke beberapa tempat di Indonesia
- Karena Indonesia negara kepulauan, biasanya pengiriman mengalami keterlambatan. Bahkan beberapa kasus, pengiriman tidak bisa dilakukan dan hanya disimpan di cabang jasa pengiriman yang digunakan.



III. PENUTUP



            Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai bisnis online shop, semoga dapat menumbuhkan semangat untuk berbisnis online. Dan seperti yang kita ketahui s

etiap bisnis yang kita lakukan pasti memiliki resiko. Tetapi resiko itu dapat disiasati dengan berbisnis online. Dengan bisnis online kita dapat membuat resiko kecil tetapi tetap bisa menghasilkan income yang banyak. 
Untuk newbie dengan modal kecil bisnis online ini bisa dijadikan untuk pembelajaran dalam berbisnis. Belajar bagaimana berkomunikasi dan melayani yang baik kepada konsumen. Tidak hanya uang yang didapat tetapi pengalaman yang berharga untuk memperbaiki bisnis kita di masa yang akan datang.



IV. DAFTAR PUSTAKA
repository.unikom.ac.id/.../buku/.../pengantar-bisnis..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar